Cara Memulai Bisnis Klinik Kecantikan Anda Sendiri
Cara Memulai Bisnis Klinik Kecantikan Anda Sendiri
Perawatan diri dan kecantikan selama ini selalu jadi kebutuhan terutama bagi wanita. Dan seiring dengan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya perawatan diri dan penampilan, saat ini tak sedikit pria yang juga ikut rutin merawat dirinya. Maka dari itu, memulai bisnis klinik kecantikan bisa jadi ide usaha yang sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Meskipun terlihat seperti tren, sebenarnya perawatan atau treatment kecantikan secara umum sudah jadi kebutuhan penting. Maka dari itu, Anda sebenarnya tak perlu khawatir kalau usaha klinik kecantikan Anda nanti akan tergerus oleh tren. Pada dasarnya, selama Anda bisa memberikan pelayanan dan treatment berkualitas dengan cara yang aman dan mampu memberikan hasil efektif, bisnis Anda tetap akan bisa bertahan dalam jangka panjang. Lalu, bagaimana ya caranya memulai bisnis klinik kecantikan Anda sendiri? Melalui artikel ini, Anda bisa baca rangkuman tentang poin-poin penting yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha klinik kecantikan Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana Anda bisa merintis usaha Anda nantinya. Selamat membaca! Cara Memulai Bisnis Klinik Kecantikan
  1. Tentukan di mana bisnis Anda berlokasi.
Ada alasan mengapa lokasi justru jadi salah satu hal pertama yang justru harus Anda pikirkan dulu sebelum memulai usaha Anda sendiri. Pada dasarnya, pilihlah lokasi di mana target market atau pelanggan Anda berada. Tujuannya tentu agar mereka bisa dengan mudah mengunjungi klinik kecantikan Anda dan mendapatkan treatment yang mereka butuhkan. Apabila Anda menyasar segmen menengah ke atas, tentu saja lokasi di kawasan yang jauh dari pusat kota, perkantoran, atau perumahan elit tidak terlalu direkomendasikan. Posisikan bisnis Anda di tengah-tengah target pelanggan Anda sehingga mereka bisa mengenal bisnis Anda dengan lebih mudah.
  1. Status usaha bisnis Anda.
Mengingat bahwa bisnis klinik kecantikan juga berkaitan dengan kredibilitas dan keamanan bagi pelanggan, mengurus status legalitas bisnis Anda juga harus jadi salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan. Jika Anda baru pertama kali mengurus status usaha, Anda bisa gunakan bantuan jasa konsultan usaha untuk membantu prosesnya dari A sampai Z. Bahkan ketika Anda mencari rekomendasi klinik kecantikan, Anda jelas cari yang sudah terbukti aman, terpercaya, dan legal, kan? Hal yang sama juga jadi pertimbangan calon pelanggan Anda, jadi jangan sampai Anda melewatkan tahap ini.
  1. Tentukan nama klinik Anda.
Seperti halnya ketika Anda memiliki anak, Anda juga perlu memberi nama bagi klinik kecantikan Anda — pada akhirnya, bisnis Anda juga merupakan “anak” yang akan Anda rintis dan kembangkan dengan sekuat tenaga. Ada banyak tips yang bisa Anda temukan untuk membantu Anda menentukan apa nama klinik kecantikan Anda nantinya. Atau Anda juga bisa gunakan jasa branding bisnis untuk berkonsultasi dan berdiskusi soal pemilihan nama.
  1. Tentukan desain logo dan branding usaha Anda.
Di samping nama, Anda juga perlu menentukan juga logo beserta branding guideline sebelum memulai bisnis klinik kecantikan. Branding tak hanya soal nama dan logo, tapi bagaimana menyampaikan pesan dan citra tertentu kepada audiens tentang bisnis Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, branding juga berkaitan dengan warna, bentuk, hingga dekorasi dan layout interior klinik Anda nantinya.
  1. Rencanakan tentang operasional dengan matang.
Ketika sudah menjalankan bisnis klinik kecantikan nanti, ada berbagai detail penting terkait dengan operasional yang wajib Anda rencanakan dengan matang sejak awal. Misalnya sistem untuk pencatatan dan penyimpanan data pelanggan, termasuk profil kondisi kulit dan riwayat treatment. Di samping itu, Anda juga perlu merencanakan pula manajemen pengelolaan limbah serta maintenance peralatan treatment. Dan pastinya, Anda juga wajib mendesain ruang treatment yang steril beserta SOP untuk semua staf yang wajib diikuti untuk pemberian treatment kecantikan yang aman.
  1. Metode pembayaran.
Meskipun sekilas terlihat sepele, rupanya poin yang satu ini juga penting untuk dipertimbangkan sejak awal. Untuk mempermudah pelanggan Anda nantinya, sediakan opsi pembayaran yang beragam mulai dari uang tunai sampai cashless. Urus segala persyaratan administrasi untuk penyediaan mesin EDC pembayaran cashless, baik itu melalui debit card, credit card, maupun QRIS.
  1. Pencatatan dan manajemen keuangan yang sehat.
Jangan pernah meremehkan pentingnya manajemen keuangan dan accounting yang tepat. Jangan sampai usaha yang sudah Anda bangun dengan susah payah harus gulung tikar karena pengelolaan keuangan yang buruk. Untuk itu, rekrut tim finance dan accounting yang profesional dan andal. Dan sebagai pemilik, pastikan bahwa Anda juga rutin memonitor kondisi keuangan bisnis Anda secara berkala. Manajemen keuangan dan accounting yang baik bermanfaat lebih dari sekadar membantu menghitung omzet dan laba usaha. Kedua aspek tersebut juga berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan, termasuk aliran keluar-masuk kas yang dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha dari hari ke hari. Franchise Bisnis Klinik Kecantikan dan Keunggulannya Dari ketujuh poin tentang cara memulai bisnis klinik kecantikan, apakah ada isu tertentu yang jadi perhatian Anda? Memulai bisnis memang tidak semudah kedengarannya dari cerita-cerita para pengusaha sukses. Ada banyak proses dan tahapan yang bisa menguras tenaga serta otak. Meski begitu, memulai bisnis Anda sendiri tak harus selalu terasa rumit dan menguras energi Anda secara fisik maupun mental, kok. Soalnya, saat ini sudah banyak usaha franchise yang bisa membantu Anda memulai bisnis Anda sendiri dengan lebih mudah dan cepat, termasuk dalam sektor bisnis klinik kecantikan sekalipun. Salah satunya bisa Anda temukan dalam program kemitraan Ekle’s  clinic. Lewat program kemitraan ini, Anda bisa mendaftar dan bergabung menjadi Mitra Ekle’s  clinic yang sudah memiliki lebih dari 33 cabang di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, setiap cabang Ekle’s  clinic telah melayani 600 pelanggan tiap bulannya. Dengan bergabung menjadi Mitra Ekle’s  clinic, Anda bisa langsung memulai usaha Anda sendiri tanpa harus menguras terlalu banyak waktu dan tenaga untuk segala urusan mulai dari administrasi pendirian usaha hingga branding. Soalnya, semua sudah diurus langsung oleh pihak Ekle’s  clinic pusat. Sebagai Mitra, Anda cukup fokus pada urusan operasional, keuangan klinik Anda, serta marketing dan promosi. Pasalnya klinik Anda bisa langsung beroperasi dengan nama Ekle’s  clinic. Dan sebagai Mitra Ekle’s  clinic, tentu saja Anda bisa menjalankan klinik Anda secara resmi atau legal. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis klinik kecantikan Anda sendiri, Anda bisa langsung cek di website resmi Ekle’s  clinic melalui alamat www.eklesclinic.com. Atau Anda juga bisa langsung menghubungi Business Development Ekle’s  clinic melalui nomor 0882-9023-3400 (call dan Whatsapp). Bagaimana, ternyata memulai bisnis klinik kecantikan tak harus ribet dan sulit bahkan bagi Anda yang masih pemula sekalipun, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *